Senin, 01 Juni 2015

9 Tips Agar Tulisan di Blog Anda Disukai Pembaca

Cara Menulis di Blog - Beberapa orang ada yang nanya ke saya di blog yang satunya. Kata mereka, "Mas, gimana caranya ya agar tulisan kita enak dibaca? Blog saya kok sepi-sepi aja. Kasih tau tips dan triknya dong." 

Pertanyaan ini sebenarnya sudah lama ada, cuma baru sekarang aja bisa berbagi disini. 

Cara Menulis di Blog | Cara Menghasilkan Uang di Blog | Bagaimana Menciptakan Tulisan yang Baik | Menjadi Blogger Sukses | Menjadi Penulis Profesional | Penulis Pemula yang Sukses | Penulis-Penulis yang Memulai Karirnya Melalui Blog | menulis artikel | menulis adalah | menulis buku | http://caramenulisdiblog.blogspot.com/
Menulis di Blog

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar tulisan kita di blog bisa ramai dikunjungi. Apa saja? 

#1 Buatlah Tulisan yang Tidak Terlalu Panjang. 
Lihat saja, tulisan ini pun saya buat dengan paragrap-paragrap yang pendek bukan? Karena jika dibuat panjang-panjang, pusing membacanya. Toh, nggak selalu yang panjang itu mengasikkan, bukan? 


#2 Banyak-Banyak Membaca. 
Membaca dan Menulis adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Harus ada satu sama lain. Saling melengkapi. Banyak-banyaklah membaca, setelah itu baru rajin-rajinlah menulis. 

#3 Sering-sering Latihan. 
Kata orang, menulis itu adalah keahlian. Maka, jika semakin sering dilatih, dengan sendirinya tulisan kita akan menjadi bagus nantinya. 

#4 Lakukan Editing Sebelum di Posting. 
Seorang blogger harus bisa melakukan keahlian ini, mengedit tulisan. Jangan buru-buru ingin mempostingnya. Sabar saja. Biarkan tulisan singkat kita semalam dua malam. Buka lagi dan baca sambil edit baru di posting. 

#5 Menulislah seperti Kita Mengobrol dengan Orang Lain.
Ketika kita di warung kopi dan mengobrol dengan teman, kita bisa tidak tidur sampai pagi. Mengapa? Karena mengasikkan dan nyambung saja. Nah, menulis di blog pun demikian. Anggaplah kita sedang mengobrol dengan pembaca kita, maka akan mengalir saja rasanya tulisan kita disana. 

#6 Buat Poin-Poin 
Jika ingin ramai pengunjung di blog kita, maka membuat poin-poin pada tulisan kita sepertinya penting. Agar pembaca tidak merasa bosan. 
  • Seperti ini contohnya
  • Dibuat demikian agar pembaca bisa enak melihatnya. 
#7 Tampilkan Gambar yang sesuai dengan Tulisan Kita. 
Gambar akan membuat semuanya menjadi hidup dan mengasikkan. Maka tampilkan minimal satu gambar saja di setiap tulisan kita. Jangan pelitlah. Ambil saja gambar di internet dan taruh di postingan kita. 

#8 Mengerti Topik yang Sedang Ditulis. 
Ini penting sekali. Masa kita mau menulis sebuah artikel kita nggak ngerti, kan nggak lucu. Maka pahami dulu topik yang akan ditulis, pelajari, banyak-banyak membaca tentangnya, baru tuliskan. 

#9 Jangan Bertele-Tele. 
Orang yang datang ke blog anda, adalah mereka yang nggak punya waktu banyak. Mereka ingin segera mendapatkan jawaban dari kebutuhan mereka. Maka buatlah tulisan yang singkat, padat, dan jelas. Berisi dan menyelesaikan masalah. 

Nah, selamat menulis di blog ya, Gan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga tulisan singkat disini bisa bermanfaat buat semua pembaca. Jangan lupa komentar dan berkunjung kembali ya.