Kamis, 04 Juni 2015

25 Pengertian Menulis dari Berbagai Sumber

Cara Menulis di Blog - Percaya atau tidak, banyak orang yang masih belum mengerti apa sih pengertian menulis? Kebanyakan kita hanya tahu bagaimana menulis, tanpa tahu apa desinisinya. 

Klik >>> Download Ebook Indonesia

Pentingkah sebuah definisi?

Tentu jawabannya akan beragam. Ada orang yang bilang itu penting, terutama mahasiswa-mahasiswa yang memang sedang mengerjakan karya ilmiahnya. Tapi bagi praktisi, definisi menulis boleh jadi nggak begitu penting. 

Terlepas dari itu semua, pada postingan kali ini, saya akan membagikan definisi menulis dari para ahli, dari KBBI, dari Wikipedia, dan sebagainya. Langsung saja, monggo dinikmati. 


PENGERTIAN MENULIS MENURUT PARA AHLI

#1. St. Y. Slamet (2008: 72) sendiri mengemukakan pendapatnya tentang menulis yaitu kegiatan yang memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks.

#2. Menurut Gebhardt dan Dawn Rodrigues (1989: 1) writing is one of the most important things you do in college. Menulis merupakan salah satu hal paling penting yang kamu lakukan di sekolah. Kemampuan menulis yang baik memegang peranan yang penting dalam kesuksesan, baik itu menulis laporan, proposal atau tugas di sekolah.

#3. Menurut Djago Tarigan dalam Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009: 5) menulis berarti mengekpresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan. 

Pengertian Menulis
Pengertia Menulis
#4. Lado dalam Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009: 5) juga mengungkapkan pendapatnya mengenai menulis yaitu: meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain.

#5. Henry Guntur Tarigan (1986: 15) menyatakan bahwa menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai.

#6. Menurut Heaton dalam St. Y. Slamet (2008: 141) menulis merupakan keterampilan yang sukar dan kompleks.

#7. Pengertian menulis diungkapkan juga oleh Barli Bram (2002: 7) in principle, to write means to try to produce or reproduce writen message. Barli Bram mengartikan menulis sebagai suatu usaha untuk membuat atau mereka ulang tulisan yang sudah ada.

#8. M. Atar Semi (2007: 14) dalam bukunya mengungkapkan pengertian menulis adalah suatu proses kreatif memindahkan gagasan ke dalam lambang-lambang tulisan. Burhan Nurgiantoro (1988: 273) menyatakan bahwa menulis adalah aktivitas aktif produktif, yaitu aktivitas menghasilkan bahasa.

#9. Menulis menurut McCrimmon dalam St. Y. Slamet (2008: 141) merupakan kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai suatu subjek, memilih hal-hal yang akan ditulis, menentukan cara menuliskannya sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas.

#10. Menurut Eric Gould, Robert DiYanni, dan William Smith (1989: 18) menyebutkan writing is a creative act, the act of writing is creative because its requires to interpret or make sense of something: a experience, a text, an event. Menulis adalah perilaku kreatif, perilaku menulis kreatif karena membutuhkan pemahaman atau merasakan sesuatu: sebuah pengalaman, tulisan, peristiwa.

Pengertian Menulis, Pengertian menulis menurut para ahli, http://caramenulisdiblog.blogspot.com/
Pengertian Menulis

PENGERTIAN MENULIS MENURUT WIKIPEDIA

#11. Nah, wikipedia justru memberikan pengertian menulis yang begitu singkat. Katanya, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. 

PENGERTIAN MENULIS MENURUT ANAK SMA

#12. Sandi, siswa SMA SMART 1 Bogor, berkata bahwa menulis adalah merangkai huruf-huruf menjadi kata dan kalimat. Hingga kemudian, kalimat demi kalimat akan menjadi tulisan yang baik dan utuh. 

#13. Reza BY, juga siswa SMA SMART 1 Bogor, berpendapat bahwa menulis adalah sebuah bentuk mengkonkretkan ide yang ada di kepala dalam bentuk tulisan sehingga mudah dimengerti orang lain.

#14. Bogy Anggara bilang, menulis adalah meluruhkan perasaan pada sebuah media kertas. 

#15. Yulianto, seorang siswa SMA juga berujar, bahwa menulis adalah kegiatan mematuk-matukkan jemari ke keyboard komputer. 

#16. Habib, seorang pelajar SMA yang suka ngeblog di www.aralsnote.com berkata bahwa menulis adalah kegiatan menemukan jati diri dengan merangkai kata menjadi kalimat hingga kemudian menjadi sebuah tulisan yang layak dinikmati. 

PENGERTIAN MENULIS KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI)

#17. Menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis berarti menuangkan isi hati si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang orang melalui tulisan yang dituliskan. 

PENGERTIAN MENULIS MENURUT ANGGOTA FORUM LINGKAR PENA

#18. Anita Bulex Cavalera berpendapat bahwa menulis adalah proses menuangkan pikiran. 

#19. Nelly Sapta, anggota FLP Bogor berujar bahwa menulis adalah proses menuangkan ide, pemikiran, gagasan, dan emosi ke ruang baca dengan beragam tujuan. Baik hanya ingin menyampaikan sesuatu, memaparkan, atau melawan -sebuah pemikiran. 

#20. Rujito Jitoru, berkata bahwa menulis adalah berbicara dengan tulisan.

#21. Indah mendefinisikan bahwa menulis adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk tertulis. 

#22. Herdianza menjelaskan bahwa menulis adalah merangkai huruf menjadi kata. Merangkai kata dan tanda baca menjadi kalimat, dan seterusnya. Rangkaian itu bisa berupa pertanyaan atau jawaban. 

#23. Dengan singkat sekali, Sekar bilang bahwa menulis adalah mengabadikan.  

PENGERTIAN MENULIS MENURUT ORANG-ORANG SECARA UMUM 

#24. Menulis adalah tentang pilihan mengabadikan atau melepaskan kenangan dan harapan yang manis, pedas, berkuah. (www.hir0franca.wordpress.com

#25. Amin Ariani, pemuda asal Sambas, Kalimantan Barat berkata bahwa menulis adalah mencipta sebuah bacaan. 

Semoga, dengan semakin banyaknya pendapat-pendapat tentang pengertian menulis ini, bisa menjadi referensi yang baik dan berguna buat anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga tulisan singkat disini bisa bermanfaat buat semua pembaca. Jangan lupa komentar dan berkunjung kembali ya.