Selasa, 16 Juni 2015

5 Hal Penting SEO 2015

Cara Menulis di Blog - Sebagai seorang blogger, menguasai atau minimal mengenal SEO adalah sebuah hal yang penting. Sunnah hukumnya, -kalau nggak ingin bilang wajib. Soalnya kan kita nggak boleh mewajibkan apa yang nggak ada dalilnya dalam Al Quran dan Sunnah. Hehe
Apa tuh SEO?
SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimation. Dalam arti singkatnya, optimasi pencarian di mesin pencari. Atau, gampangnya, SEO akan membuat blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Jika SEO nya bagus, maka saat diketikkan satu kata kunci yang kita incar, blog kita bisa muncul di atas, tidak tenggelam dan hilang entah kemana. :-D

Nah, langsung saja, kita bahas lima hal penting yang harusnya diperhatikan agar SEO blog kita bisa bagus dan mudah diindeks Google.


#1. Mobile Friendly 
Dewasa ini, pengguna ponsel pintar meningkat tajam. Jumlahnya jutaan bahkan miliaran, mungkin. Orang-orang yang dulunya sering online menggunakan PC komputer atau laptop, kini pelan-pelan beralih ke ponsel mereka. 

Lihat saja, banyak orang yang ketika di KRL, angkot, atau kendaraan lainnya sibuk dengan ponsel masing-masing. Berselancar di dunia maya mencari artikel bagus dan pengetahuan umum untuk menambah wawasan. Maka, menjadikan blog anda mobile friendly adalah sebuah hal yang mutlak dilakukan. 
Bagaimana mengetahui sebuah blog, apakah dia mobile friendly atau tidak? 
Gampang! 

5 Hal Penting SEO 2015, Cara Menulis di Blog, http://caramenulisdiblog.blogspot.com/
5 Hal Penting SEO 2015
5 Hal Penting SEO 2015, Cara Menulis di Blog, http://caramenulisdiblog.blogspot.com/
5 Hal Penting SEO 2015
Jika blog anda sudah mengagumkan, maka beruntunglah. Tapi jika tidak, maka sebaiknya segera berpikir untuk menjadikannya mobile friendly. 

#2. Nggak Berat Kalau di Akses 
Ini penting sekali, jangan sampai website yang anda buat lola, bikin tua selagi mengaksesnya. Berat sekali dan susah dibuka. Jika demikian, dijamin deh bakal sedikit demi sedikit ditinggalkan pengunjung. 

Agar website anda tidak berat ketika di akses, maka kurangi media-media yang menggunakan flash, gambar-gambar berukuran besar, juga video-video yang berat. Penting juga untuk tidak memasukkan musik ke dalam website anda. Itu hal yang tidak penting dan boleh jadi mengganggu pengunjung anda. 

#3. Bagus dan Bermanfaat
Konten adalah hal penting dan nggak bisa ditawar-tawar. Perhatikan saja website-website yang ramai pengunjung dan memiliki pagerank yang baik. Bisa dipastikan konten yang dibagikannya adalah konten-konten berkualitas dan dibutuhkan oleh banyak orang. 

Semisal http://klikdokter.com/, ini adalah website yang kontennya luar biasa bagus dan bermanfaat. Lah yang ngisinya emang dokter semua. Dan bidang kesehatan adalah salah satu bidang yang paling banyak dicari di google. Jadi wajar jika website itu mendapatkan pengunjung yang banyak per harinya. 

#4. Nggak Setengah-setengah dalam Berbagi 
Jangan pelit! Nasihat orang tua kita ini boleh jadi teramat berguna dalam duni blogging. Berbagilah. Karena semakin banyak kita berbagi, semakin banyak pula efek yang akan kita dapatkan. 

#5. Backlink Berkualitas 
Apa itu backlink? Simpelnya, ia adalah sebuah link yang ditanamkan di sebuah tempat, dan link itu mengarah ke blog anda. Semakin banyak link yang mengarah ke blog anda di tempat lain, maka semakin bagus Ia.

Backlink ini bisa didapatkan dengan blogwalking: berkunjung ke blog orang dan komentar disana, letakkan link blog anda. Semakin banyak anda lakukan hal itu, maka semakin bagus.

Oke, mungkin inilah 5 hal penting yang harus anda lakukan agar blog anda menjadi SEO Friendly. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga tulisan singkat disini bisa bermanfaat buat semua pembaca. Jangan lupa komentar dan berkunjung kembali ya.